Peringatan HUT ke 68 Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Kuala Lumpur

Meskipun diguyur hujan ringan pada pagi hari ini upacara pengibaran bendera sang merah-putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI tetap berlangsung kidmat (17/8). Upacara yang bertema “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan rakyat” diselenggarakan di halaman KBRI Kuala Lumpur yang dihadiri sekitar 500 orang yang terdiri dari para staf KBRI Kuala Lumpur, anggota Dharma Wanita Persatuan Kuala Lumpur,  guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Pramuka Gugus Depan KBRI Kuala Lumpur, tenaga kerja Indonesia, ekspatriat Indonesia, mahasiswa/pelajar Indonesia, dan elemen masyarakat lainnya yang tinggal di sekitar wilayah Kuala Lumpur Malaysia.

Duta Besar LBBP Herman Prayitno bertindak selaku Inspektur Upacara. Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Lt. Kol Inf. Andre Clift Rumbayan. Adapun  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berjumlah 10 orang dibawakan oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang telah khusus dipilih dan dilatih untuk upacara ini. Mereka yang terpilih telah menjalani proses latihan yang cukup panjang dan intensif di bawah bimbingan Atase Pertahanan KBRI Kuala Lumpur. Sebagaimana pada upacara peringatan HUT RI sebelumnya kelompok Paskibra selalu mencuri perhatian para hadirin dan tamu undangan. Momen mengabadikan detik-detik pengibaran bendera melalui kamera digital ataupun kamera handphone menjadi saat-saat yang ditunggu.

 

Penurunan Bendera Sang Merah-Putih

Pada sore harinya pukul 18.00 dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera yang dipimpin oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Mulya Wirana sebagai Inspektur Upacara dan Mayor Laut (P) I Gede Putu Iwan sebagai Komandan Upacara. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara penurunan juga dibawakan oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dengan tim yang berbeda saat upacara penaikkan bendera. Sebagaimana pada upacara penaikan bendera di pagi harinya, upacara penurunan bendera juga turut dihadiri oleh segenap masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Kuala Lumpur dan sekitarnya.

Upacara penaikan dan penurunan bendera sang merah-putih merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-68. Sebelumnya, dalam rangka peringatan HUT ini KBRI Kuala Lumpur telah mengadakan rangkaian perlombaan olahraga dan seni yang diikuti oleh para staf KBRI Kuala Lumpur dan elemen-elemen masyarakat RI di Malaysia. Perlombaan tersebut antara lain adalah, pertandingan bowling, gaple, futsal, tenis meja, dan karaoke. Sementara kegiatan Hari Keluarga akan diselenggarakan pada tanggal 24 September 2013 mendatang di Taman tasik Titiwangsa, KBRI Kuala Lumpur berharap seluruh elemen masyarakat Indonesia di Malaysia dapat hadir dalam kegiatan tersebut.


(Sumber: KBRI Kuala Lumpur)






Video KBRI Kuala Lumpur

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4016/4017, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.